Kamis, 09 Mei 2013


Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita coba memahami defenisi dari kenikmatan.

Kenikmatan, satu kata yang mendasari dan menginspirasi saya dalam penulisan artikel ini. Kenikmatan adalah suatu perasaan, dimana kita merasa bahagia dan nyaman terhadap sesuatu tanpa bisa dipungkiri. Semua insan pasti menyukai hal-hal yang “nikmat”. Bahkan banyak diantaranya rela melakaukan apapun demi medapatkan kenikmatan, tanpa sadar apakah kenikmatan itu masih bernilai positif atau negatif. Kenikmatan adalah hal yang begitu diidam-idamkan banyak orang. Namun kadang kala menjadi bumerang tajam yang menghancurkan, jika orang tersebut terlena. Lantas, kenikmatan seperti apa yang dapat menghancurkan? Salah satu dari banyak kenikmatan menjerumuskan itu adalah “Minuman Keras” atau yang biasa disebut Miras/Minol.
Mengapa saya  menjadikan Minuman Keras sebagai salah satu “Kenikmatan” yang menjerumuskan? Karena walaupun sebagian besar masyarakat dari kalangan tua maupun remaja, telah mengetahui secara jelas dampak negatif yang ditimbulkan akibat seringnya mengonsumsi miras, namun kenyataan yang terjadi, justru bertolak belakang. Semakin hari penikmat minuman keras kian bertambah.
Atas dasar fakta itu, maka saya dapat berani mengatakan, bahwa pengonsumsian miras merupakan “kenikmatan” yang menjerumuskan. Sebab walapun telah mengetahui berbagai akibat yang ditimbulkan oleh miras, namun para penikmat miras itu tetap tak kunjung sadar (atau pura-pura tidak menyadari) betapa banyak dampak yang ditimbulkan oleh minuman keras! Hingga mereka tetap mengonsumsinya.
Terlepas dari pertanyaan mengapa miras itu adalah kenikmatan yang menjerumuskan, sekarang pertanyaan selanjutnya adalah, Apa saja kah akibat yang ditimbulkan dari sebotol Minuman Keras?
Begini kawan sesame anak bangsa!
Minuman Keras merupakan minuman yang didalamnya dominan mengandung alcohol. Hingga berefek pada tingkat kesadaran kita.  Artinya, mengonsumsi miras dalam jumlah berlebihan, akan membuat kita kehilangan kesadaran kita (mabuk). Ini BERBAHAYA kawan!
Loh? Kenapa berbahaya? Kalo cuma sebotol kan tidak sampai membuat mabuk? Kalo hanya mencoba-coba saja kan gak papa?
Memang! Dengan sebotol atau minum seteguk saja tidak dapat mengakibatkan seseorang mabuk, dan rasanya meminum seteguk saja tidak berbahaya. Namun, sadarkah kalian, bahwa bahaya terbesar dari minuman keras itu, terletak pada satu tegukan pertama? Mengapa demikian? Karena dari gelas pertama itulah, awal dari terjerumusnya kalian pada miras. Dan akhirnya berujung pada KETERGANTUNGAN dan KETAGIHAN. Nah, kalo sudah menjadi salah satu orang yang ketergantungan dan ketagihan pada miras, maka bersiap-siaplah untuk melihat diri kita digerogoti oleh dampak buruk miras. Yang tidak hanya berefek pada kesehatan jasmani, namun juga rohani.
Minuman keras memang nikmat bagi mereka yang telah ketergantungan dan ketagihan. Namun tanpa sadar, miras merusak organ-organ tubuh kita secara perlahan. Miras juga tidak hanya merusak fisik, namun juga merusak pribai individu masing-masing. Bayangkan, ketika seorang mabuk , seseorang itu dapat dengan mudah melakukan  tindak kejahatan seperti mencuri, bahkan memperkosa.
Tak sedikit kecelakaan terjadi akibat sang supir dalam pengaruh minuman beralkohol. Gambaran ini lalu,membuktikan bahwa pemahaman masyarakat sangatlah minim. Masyarakat  begitu terlena dengan kenikmatan miras. Lalu tanpa sadar dampaknya akan segera muncul, ketika penggunaannya berlebihan.
Lalu, apakah hanya diri pengonsumsi yang dirugikan? TIDAK! Tetapi lingkungan disekitarnya pun turut merugi. Dan sayangnya para penggila miras tidak hanya berasal dari kalangan dewasa, namun juga dari kalangan remaja bahkan anak-anak. Ini merupakan tamparan keras untuk Indonesia, serta pemerintah. Mengapa demikian?
Remaja merupakan generasi yang nantinya akan meneruskan pembangunan bangsa. Remaja pun merupakan sebuah  pemetaan bagaimana gambaran Indonesia 10 sampai 20 tahun mendatang. Jika sebagian besar  remaja Indonesia adalah penikmat miras, maka hancurlah masa depan Garuda kita. Disinilah berbagai sosialisasi “anti miras” perlu ditingkatkan. Khususnya pada kalangan remaja. Materi mengenai miras  harus diberikan secara dini, untuk menekan angka pengonsumsian khususnya pada remaja.
Dari sosialisasi tersebut diharapkan remaja dapat mengetahui apa-apa saja dampak negatif dari miras, hingga mereka dapat dengan tegas menolak untuk mengonsumsi miras. Disinilah dibutuhkan peran masyarakat dalam melakakukan berbagai sosialisasi.
Pemerintah diharapkan tanggap dalam menyikapi bahaya minuman keras. Sebab keselamatan para Garuda muda adalah yang terpenting. Pemerintah sebaiknya mengharuskan adanya sosialisasi anti miras di seluruh daerah. Serta memberantas habis tempat-tempat yang menghalalkan minuman keras. Dan manakala masyarakat bekerja sama dengan pemerintah dalam  mewaspadai bahaya miras, maka generasi penerus perjuangan pun pasti dapat bebas dari miras.
Diakhir artikel sederhana ini, saya ingin sekali menyampaikan sesuatu kepada semua remaja tanah air, “Jauhilah diri anda dari seteguk miras pun, jangan nodai kanvas impian anda hanya untuk kenikmatan sesaat, sebab kenikmatan sejati itu ketika kita berhasil melawan nafsu untuk berbuat buruk”
Salam ANTI MIRAS!


1 komentar:

  1. Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl : Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08'00-17'00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras - bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

    BalasHapus

Profil Photo

Profil Photo

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.