Minggu, 17 Februari 2013


DATA SEKOLAH
Nama Sekolah                                     : SMA Negeri Model Terpadu Madani
Alamat Sekolah                                   : Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Talise Palu Selatan Palu
Kode Pos                                              : 94118
Nomor Pokok Sekolah Nasional        : 40203776
NSS                                                       : 301186003024
No Telepon                                          : 0451-4131335
No fax                                                  : 0451-4131343
Email                                                     : smadanifuture@yahoo.co.id
website                                                 : smadani-palu.sch.id

Visi :

Terwujudnya Insan Madani Yang Unggul dalam IPTEK, dilandasi  IMTAQ, Etika dan Moral yang berwawasan Nasional dan Internasional.
Misi :
  1. Menyiapkan dan menerapkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif,  efisien dan menyenangkan untuk meraih reputasi nasional dan internasional.
  2. Mendorong pencapaian ketuntasan kompetensi penguasaan bahasa, ekonomi kreatif, dan  lingkungan hidup yang berwawasan internasional.
  3. Berperan serta pada semua jenis lomba akademik dan non akademik untuk mencapai reputasi nasional.
  4. Mengembangkan potensi kecerdasan intelektual, emosional, sosial dan spritual.
  5. Menumbuhkembangkan minat kreatifitas seni, budaya dan olahraga.
  6. Menerapkan nilai-nilai religius, demokrasi dan HAM dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Menerapkan MBS dalam mengelola sekolah dengan mensinergikan tiga kekuatan utama yakni pemerintah, swasta dan masyarakat.


Tujuan:
  • Memperoleh nilai ujian sekolah dan ujian nasional dengan kategori A.
  • Memperoleh reputasi nasional maupun internasional pada debat bahasa Inggris, 5 (lima) bidang olimpiade sains, dan olimpiade penelitian.
  • Pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik mampu berbahasa Inggris aktif.
  • Memiliki koperasi sekolah yang sehat.
  • Memilki lingkungan yang bersih, hijau, dan indah.
  • Memiliki guru yang profesional.
  • Memiliki peserta didik yang mampu memadukan ilmu pengetahuan, budi pekerti, nilai religius dan kemandirian.
  • Memiliki tim seni dan olahraga yang mampu bersaing di tingkat nasional.
  • Seluruh warga sekolah dapat menerapkan nilai-nilai religius, demokrasi dan HAM dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menerapkan MBS dan mensinergikan tiga kekuatan utama, yakni; pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam mengelola sekolah dengan sistem on-line.
  • Memiliki sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar sarana dan prasarana nasional pendidikan (SNP).a maupun guru dengan sister school dalam dan luar negeri.
  • Terwujudnya perubahan status sekolah dari Sekolah Standar Nasional (SSN) ke Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
  • Terlaksananya pertukaran sisw
  • Jumlah lulusan yang diterima pada 10 (sepuluh) perguruan tinggi terbaik dalam negeri mencapai 70 %

Pada awal berdirinya, sekolah ini bernama SMA Negeri Model terpadu madani yang sebagai inisiator pendirinya adalah Bpk. Prof. Drs. H. Aminudin Ponulele, M.Si (Selaku Gubernur Sulteng Pada Saat itu) dan yang kedua Ibu Dra. Hj. Uhra Lamarauna, M.Si (Selaku Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulteng saat itu). Dibangun tahun 2004 dan diresmikan tahun tgl 18 agustus thn 2005 , sekaligus dilaksanakannya penerimaan siswa baru yang pertama. Kondisi murid pada tahun pertama berjumlah 18 orang. SMAN Madani mendapatkan pembiayaan dari APBD Tkt I, serta pembinaan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Daerah Propinsi Sul-Teng.
Pada awal berdirinya sekolah ini dipimpin oleh Bpk. Drs. Zulkifli Radjamuda, M.Ed sebagai pelaksana harian, tahun 2007 ditunjuk Drs. H. Ibrahim Janat, M.Pd sebagai kepala sekolah SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu yang baru. Berbagai macam prestasi yang dihasilkan oleh SMAN Madani pada saat itu, prestasi yang didapat baik dari skala Provinsi, Nasional sampai dengan Internasional.
Di bawah pimpinan Bapak Drs. H. Ibrahim Janat, M.Pd pada tahun ajaran 2010/2011 SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu mendapat kepercayaan dari Direktorat Pendidikan mejadii RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf internasional) .

Sejak saat itu pergantian pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut :
  1. Tahun 2005-2007 dipimpin oleh Bapak Drs. Zulkifli Radjamuda, M.Ed (pelaksana harian)
  2. Tahun 2007-2011 dipimpin oleh Bapak Drs. H. Ibrahim Janat, M.Pd,
  3. Tahun 2011-2012 dipimpin oleh Bapak Drs. Zulkifli Radjamuda, M.Ed (pelaksana harian)
  4. Tahun 2012 dipimpin oleh Bapak Anas Syakir, M.Pd, sampai sekarang
Denah SMA MAdani Palu
Denah SMA Madani Palu

Tahun 2009 SMA Madani telah melakukan kerjasama dengan Narrabundah College salah satu sekolah di Canberra Australia dalam bentuk kerjasama pertukaran pelajar, guru dan menjajaki ujian bersama antar ke dua sekolah ini. Kerjasama yang dilakukan atas inisiatif school to school yang difasilitasi oleh atase pendidikan di kedutaan besar RI di Australia. Sebagai awal bentuk kerjasama internasional. Sebagai bentuk awal kerjasama adalah pertukaran informasi antara dua sekolah mengenai kurikulum, pengelolaan sekolah yang dilakukan oleh tim dari kedua sekolah. Masih banyak hal yang harus dilakukan dalam kerjasama ini tetapi mengingat adanya perbedaan kultur dan kebijakan antara kedua negara yang harus kita hormati maka kerjasama ini akan dilakukan secara bertahap. Namunpun demikian, upaya ini adalah awal yang harus dilakukan untuk kepentingan masa depan sekolah, daerah Sulawesi Tengah dan kerjasama antara Negara. Setelah SMA Madani telah menjadi rintisan sekolah bertaraf internasional maka pada tahun 2011 SMA Madani juga telah membuka sekolah mitra dengan SMA Negeri 1 Bogor dengan melakukan kerjasama yang telah disepakati dalam Nota Kesepahaman oleh kedua belah pihak. Tahun depan SMA Madani direncanakan akan mengirimkan Guru dan Pelajar yang akan memulai realisasi dari kerjasama ini, semoga upaya ini mendapatkan dukungan dari semua pihak.


Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula.
Tautan di bawah ini disajikan tentang apa itu Komite Sekolah, bagaimana proses pembentukan pengurus Komite Sekolah, bagaimana mengelola Komite Sekolah, mengapa Komite Sekolah perlu direvitalisasi. Tulisan ini diperoleh dari berbagai sumber. diantaranya dari Depdiknas, dan Drs. Suparlan, M.Ed. dari Tim Pengembangan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

0 komentar:

Profil Photo

Profil Photo

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.